Wednesday, February 21, 2018

(Skripsi) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII dalam Mata Pelajaran Fiqih di Mts Sunan Giri Mulung Driyorejo Gresik



ABSTRAK
Ismael, 2017. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII Dalam Mata Pelajaran Fiqih di MTs Sunan Giri Mulung Kec. Driyorejo Kab. Gresik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Keislaman Abduallah Faqih (INKAFA) GRESIK. Pembimbing : H. Moh. Nadlelah B, S.P., M.SI.

Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Minat Belajar, Fiqih

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi Profesional Guru terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Fiqih. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Seberapa Baik kategori kompetensi profesional guru di MTs Sunan Giri Mulung Kec. Driyorejo Kab. Gresik? (2) Seberapa Baik kategori minat belajar peserta didik kelas VIII dalam mata pelajaran fiqih di MTs Sunan Giri Mulung Kec. Driyorejo Kab. Gresik?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan rumus Product Moment.
(1) kompetensi profesional guru dimana guru mempunyai kemampuan suatu pekerjaan dimana dia harus memiliki keahlian dibidang pendidikan dalam mengajarnya. Latar belakang pendidikan akan mempengaruhi keberhasilan guru dalam mengajar dan sekaligus mempengaruhi minat belajar siswa. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang akan disampaikannya. (2) Minat belajar seseorang yang menampakan dirinya dalam beberapa gejala seperti: gairah, keinginan, perasaan suka untuk melakuakan proses perubahan tingkah laku melalui berbagai kegiatan yang meliputi mencari pengetahaun dan pengalaman.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh dan kontribusi kompetensi profesional guru terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII dalam mata pelajaran fiqih di MTs Sunan Giri Mulung Kec. Driyorejo Kab. Gresik. Populasi yang diambil adalah siswa Kelas VIII MTs Sunan Giri Mulung Kec. Driyorejo Kab. Gresik, yang jumlah responden 46 siswa.

Setelah data terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus product moment, dapat diambil kesimpulan bahwa kompetensi Profesional Guru di MTs Sunan Giri Mulung Kec. Driyorejo Kab. Gresik, yang berada pada kategori tinggi ada 41%, berada pada kategori sedang ada 46% dan kategori rendah ada 13%. Minat belajar mata pelajaran fiqih pada peserta didik kelas VIII MTs Sunan Giri Mulung Kec. Driyorejo Kab. Gresik yang berada pada kategori tinggi ada 57 %, berada pada kategori sedang ada 26%, dan kategori rendah ada 17%. Berdasarkan analisa selanjutnya dengan menggunakan rumus poduct moment di peroleh 0,739 dikonsultasikan dengan product moment atau n=1 pada taraf signifikan 5%= 0,291 dan pada taraf signifikan 1%= 0,376, ternyata nilai r berada di atas r tabel product moment, kemudian dengan menginterprestasikan hasil rxy dengan tabel interprestasi koefisien korelasi, yang mana rxy = 0,739 terletak diantara 0,60 - 0,799. sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian untuk hipotesis yang berbunyi” Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII dalam Mata Pelajaran Fiqih di MTs Sunan Giri Mulung Kec. Driyorejo Kab. Gresik adalah KUAT ”. Kemudian dengan menggunakan rumus koefisien diterminan dari hasil rxy, maka ditemukan hasil besaran kontribusi kompetensi profesional guru terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII dalam mata pelajaran fiqih di MTs Sunan Giri Mulung Kec. Driyorejo Kab. Gresik sebesar 54,61% dan sisanya 45,39% ditentukan oleh variabel lain.

Download : Mediafire | Googledrive
Password : tije-production.blogspot.co.id


EmoticonEmoticon