Friday, February 23, 2018

Cara Menghemat Kapasitas Hardisk Komputer dengan Kompres Foto

Memory habis???

Ada yang hobi foto-foto? bahkan sudah mempunyai kamera DSLR sendiri?
Nah, Tijepedia juga seperti itu, apalagi kamera DSLR Tijepedia sering dipinjam untuk kegiatan teman-teman dan meminta hasilnya disimpan terlebih dahulu.

Tijepedia pun bingung kalau semua foto hasil jepretan DSLR yang ukurannya 5mb itu tidak dipindah dari memori kamera ke tempat lain, bisa-bisa full itu memory. Alhasil foto-foto tersebut Tijepedia pindah ke laptop pribadi Tijepedia.

Permasalahan yang sering dialami oleh orang yang hobi foto-foto apalagi dengan kelas kamera handphone saat ini yang mendekati atau bahkan sama dengan kualitas dari kamera DSLR adalah ukuran foto yang sangat besar bahkan pada kondisi tertentu bisa berukuran 10mb per foto.

Bisa dibayangkan jika foto yang berukuran besar itu kalian simpan di handphone dan tidak memindahkannya ke tempat lainnya seperti contoh komputer? bisa-bisa hank handphone kalian.

Alhasil cara terakhir adalah memindahkannya ke komputer yang mempunyai kapasitas memory yang besar, tapi perlu diingat bahwa semakin banyak file yang disimpan di komputer tersebut apalagi kalian termasuk fotografer yang aktif menjepret kondisi sekitar maka persoalan kapasitas memory komputer patut diwaspadai.

Nah, di sini berangkat dari pengalaman Tijepedia dalam menyimpan banyak foto-foto hasil DSLR hasil sendiri atau hasil teman. Tijepedia akan memberikan tips bagaimana "Cara Menghemat Kapasitas Hardisk Komputer dengan Kompres Foto".

Kenapa kompres? kompres itu semacam membuat sesuatu yang besar menjadi kecil. Nah bedanya dengan tips (sofware) yang lainnya maka tips ini tidak akan mengurangi ukuran piksel fotonya bahkan kualitas tidak akan terpengaruh meski nantinya diprint dengan ukuran besarpun tidak akan terlihat pecah-pecah, karna tips ini hanya menghilangkan identitas/detail foto seperti dibawah ini,




Jadi tips ini sangat sesuai dan cocok bagi kalian yang ingin menyimpan setiap foto yang kalian jepret tanpa takut kehabisan memory dengan cepat, paling tidak dapat menghemat kapasitas memory lebih lama lagi lah, hehe..

Nama softwarenya ini adalah Advanced JPEG Compressor

Baik yang ingin tahu caranya adalah sebagai berikut,

1. Download Softwarenya disini | server lain.
    Password : tije-comp.blogspot.co.id
2. Setelah sobat meng-extract file installer yang sobat download, kemudian jalankan 
    file ajpegcompr.exe.
3. Install seperti biasa hingga selesai.
4. Jika sudah, copy file ajc.exe dalam folder Crack terus paste kan ke dalam direktori penginstallan
    secara default ada di C:\Program Files\Advanced JPEG Compressor\
5. Selesai... sekarang software ini sudah bisa kalian gunakan seumur hidup.

Cara penggunaannya adalah sebagai berikut,

Klik gamabr untuk melihat keterangannya
Samakan setingan kalian seperti pada gambar diatas dan klik OK untuk memulai proses kompres foto kalian dan tunggu sampai proses selesai


EmoticonEmoticon